Cara Mengatasi HP Lemot Supaya Bisa Ngacir Lagi!!

Cara mengatasi HP Lemot - Jika kamu belum ada niatan untuk beli ponsel baru tapi ponsel kamu saat ini lemot dan buat emosi, maka berikut ini adalah beberapa tips dan cara mengatasi hp lemot yang cocok untuk dicoba. Apa saja caranya? Berikut ini ulasannya.

cara mengatasi hp lemot

Perhatikan RAM saat beli ponsel

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ponsel yang mulai lemot adalah dengan membersihkan memori kamu secara berkala. Pada saat kamu beli ponsel, pastikan ponsel yang kamu beli ini memiliki RAM yang cukup sesuai dengan kapasitas penggunaan ponsel kamu.

Jika ponsel kamu RAM-nya tidak sesuai dengan kebutuhan, maka ponsel bisa terasa lemot. Contohnya ketika kamu membeli ponsel dengan ram 1 GB tapi tujuan dari ponsel kamu untuk bermain game, maka sudah pasti ponsel kamu akan terasa lemot bukan.

Bersihkan memori secara berkala

Lalu jika ponsel kamu tiba-tiba terasa bekerja dengan lambat. Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membersihkan memori kamu secara berkala. Ketika kamu menggunakan ponsel dalam waktu beberapa waktu, maka sudah pasti kamu akan menggunakan ponsel kamu dilakukan untuk melakukan banyak kegiatan. Contohnya untuk download aplikasi atau untuk download data.

Jika upaya download yang kamu lakukan gagal, maka akan ada banyak hal yang tertinggal di ponsel kamu. Untuk menghilangkan data yang tertinggal ini, maka kamu harus sering-sering cek dan membersihkan memori kamu baik secara manual maupun dengan menggunakan aplikasi.

Jika kamu jarang membersihkan memori, maka memori internal akan penuh. Jika memori internal kamu penuh, maka sudah pasti hp kamu juga akan terasa lemot.

Gunakan memori tambahan atau memori eksternal

Cara mengatasi hp lemot selanjutnya yang akan kami rekomendasikan adalah mengenai penggunaan memori eksternal. Menggunakan memori eksternal merupakan salah satu upaya untuk membantu ponsel kamu agar tidak terasa lemot. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memori internal yang penuh merupakan salah satu penyebab ponsel yang terasa lambat kinerjanya.

Oleh karena itu, jika hp kamu memang terasa lemot, cek lagi berapa sisa memori internal di ponsel kamu. Jika jumlah memori eksternal di ponsel kamu tinggal sedikit, maka lakukan pembersihan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Akan tetapi jika sudah dibersihkan tapi ternyata sisa memori di ponsel kamu tetap masih terlalu sedikit, maka solusi utama untuk masalah ponsel lemot kamu adalah dengan memasang memori eksternal. Setelah memasang memori eksternal tersebut, kamu bisa pindahkan data yang mungkin di pindahkan ke memori eksternal sehingga memori internal kamu jadi cukup longgar.

Pilih Aplikasi Berbayar

Satu lagi upaya yang bisa kamu lakukan untuk menghindari hp yang lemot adalah dengan menggunakan aplikasi berbayar. Aplikasi berbayar merupakan aplikasi yang sudah pasti memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah merupakan versi penyempurnaan dari aplikasi gratis yang kamu gunakan.

Jika kamu menggunakan aplikasi gratis, maka akan ada banyak bug di aplikasi tersebut sehingga akan terus dilakukan pembaharuan dan update dari pihak pengembang. Selain itu, aplikasi yang gratis biasanya juga diikuti dengan banyak iklan-iklan sehingga hp kamu akan makin di beratkan dengan memori untuk menampung iklan tersebut.

Meminimalkan penggunaan widget

Widget adalah salah satu fitur yang membuat penggunaan aplikasi menjadi lebih mudah. Akan tetapi penggunaan widget ternyata memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan dari penggunaan widget adalah mengenai banyaknya RAM yang dibutuhkan dalam operasional widget di layar utama kamu.

Oleh karena itu, jika memang kondisi ponsel kamu sudah tidak kuat menampung banyak aplikasi, maka sangat penting untuk mengurangi penggunaan memori dengan widget ini. Hal ini disebabkan karena RAM yang penuh akan membuat ponsel kamu menjadi ponsel yang makin lambat.

Hindari auto sync

Auto sync merupakan salah satu hal yang akan membuat penggunaan ponsel kamu menjadi lebih mudah. Akan tetapi jika ponsel kamu merupakan ponsel yang sudah tua atau memiliki memori yang kecil, maka sangat penting untuk menghindari auto sync ini.

Dengan menggunakan auto sync, maka sistem di ponsel kamu akan terus-menerus melakukan update sehingga makin banyak memori yang akan digunakan. Jika kamu mematikan auto sync ini, maka bisa menjadi cara mengatasi hp lemot yang cukup ampuh.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar